Maheswari Alisha Lubis

Lilypie 4th Birthday PicLilypie 4th Birthday Ticker

Friday, August 20, 2010

Hunting Sekolah Dasar

Tidak terasa, Kakak sekarang sudah 5 tahun. Berarti tahun depan siap-siap masuk SD.
Hmmm, mulai tahun ini Ayah Ibu harus dah cari-cari sekolah nih.
Sekolah dasar adalah dasar dari pendidikan Kakak yang InsyaAllah akan membentuk kepribadian kakak nantinya yang tentunya menjadi anak sholehah, masa depan yang cerah.
Pertimbangan2 Ayah Ibu dalam memilih Sekolah Dasar untuk Kakak:
1. Islami. Islami disini bukan hanya sekedar belajar doa-doa islam atau beberapa surat Al-Quran saja. Ayah Ibu ingin sekali Kakak bisa Hafidz (amin ya Robbal Alamin). Kenapa Hafidz (hafal) Quran? Mumpung usia dini masih bisa diisi oleh hal-hal positif dan juga untuk syiar agama nantinya. InsyaAllah berguna untuk kakak.
2. Bilingual (english-arab). Kenapa English-Arab? Kalo English tentunya untuk bekal globalisasi nantinya secara sekarang Kakak lumayan sudah bisa diajak ngobrol pake bahasa inggris. Arab karena itu adalah bahasa Al-Quran, biar lebih mudah mengerti arti bacaan Al-Quran.
3. Lokasi terjangkau (tersedia Jemputan). Ini penting sekali, mengingat Kakak masih SD, kasian kalau jauh-jauh
4. Ekstrakurikuler yang memadai. Kalau bisa Ekskulnya banyak sehingga bisa dipilih-pilih.
5. Lulusannya bisa masuk SMP Negri unggulan. Kenapa Negri? Harapan Ayah Ibu, Kakak bisa melanjutkan di sekolah negri sampai ke perguruan tinggi.

Setelah disurvey-survey, ada 6 sekolah yang sempat Ibu tanya-tanya tapi yang masuk pilihan adalah :
1. Madina Islamic School. Bilingual (arab-English) dengan native teachers. Termasuk sekolah yang bisa menghasilkan anak-anak yang kompetitif untuk masuk ke sekolah negri unggulan. Lulusan diharapkan Hafidz 5 juz. Lokasi Tebet. Jemputan utk ke arah Buncit belum memungkinkan.
2. SDIT Al-Mugni. SDIT yang juga menghasilkan anak-anak yang cerdas secara emosional dan intelektual dengan target hafidz 5 juz. Ekskul standar. Lokasi Gatot subroto.
3. SD Islam Dwimatra. Berhubung ini adalah terusan dari TK yang dijalani Kakak sekarang, dan juga sepupu2 (Mas WIndra dan Kakak Tiara) sudah disitu, serta dilihat dari pendidikannya sepertinya lumayan untuk dapat dipertimbangkan. Anak-anak cukup diperhatikan. Namun sekolah tidak fokus pada materi Al-Quran. Bilingual dan anak tidak dipaksa dengan sistem ranking.
4. SDIT Insan Mandiri. Rekomendasi dari temen Bunda Ambar yang ternyata lokasinya tidak jauh dari rumah yaitu di daerah Pejaten Timur. Yang berbeda dari sekolah ini adalah test masuk tidak berupa psikotes dan administrasi. Tapi menggunakan MRI yang melihat potensi bakat pada anak. Dengan daftar ekskul yang banyak, anak diharapkan dapat memilih ekskul yang sesuai dengan minat dan bakatnya sehingga lebih optimal. Bertarget hafidz 2 juz namun tidak tertutup kemungkinan untuk lebih.

Yuk kita lihat nanti kemana kira-kira Kakak akan memilih?

Labels:

posted by Putri Hs at 10:06 PM 0 comments

Monday, January 04, 2010

Tes BAKAT dengan SIDIK Jari

Tidak terasa, sudah di penghujung tahun 2009. Banyak sekali perkembangan Alisha selama tahun 2009 ini. Mulai dari masuk TK, kemudian belajar mengenal Ayat2 Al Quran, menjadi sodara dan teman yang baik dsb.

Nah, Ibu denger tentang Analisa BAKAT hanya dengan menggunakan SIDIK jari seseorang. Ibu dan Ayah langsung tertarik, niatnya sih agar dari awal kita sudah bisa tahu bakat genetik yang dimiliki anak2 Ayah dan Ibu, yaitu Alisha dan Ameera.
Jadi ke depannya, Ayah Ibu bisa mengarahkan (tanpa memaksakan kehendak) kegiatan maupun pendidikan yang sesuai dan tentunya harapannya bisa OPTIMAL di bidang tersebut.

Setelah browsing2, akhirnya kita memutuskan untuk ambil model Talent Spectrum yang analisanya asli Indonesia :) kan cinta buatan INDONESIA. Selain itu harganya lebih murah dibanding yang beredar sekarang.

Setelah buat janji, Alisha dan Ameera diambil sampel sidik jarinya (kesepuluh jari). Cuman sebentar sih mungkin sekitar 10-15 menit. Trus telapak tangannya diukur derajatnya. Hmm agak susah jelasinnya kalo gak ada foto.

Tunggu hasil 2 minggu. Nah kemaren kita baru aja dipanggil untuk konsultasi pembacaan hasil analisa TALENT SPECTRUM itu. Dannnn......

Alhamdulillah, anak2 Ayah Ibu baek2 saja. LHO !!!
Bukan ding, maksutnya Alhamdulillah sama Allah, anak Ayah Ibu diberi BAKAT yang luar biasa (menurut kami).

Alisha memiliki keseimbangan dalam IQ, EQ dan Skill Intelligencenya. Dan seperti harapan Ayah, Kakak kayaknya lumayan berbakat di Gambar2 karena visualnya tinggi.
Hmm, kira2 Kakak cocok jadi apa ya nanti besarnya?? :)
Ayah Ibu masih telaah lebih lanjut hasilnya. Tapi Ayah Ibu jadi lebih tau dimana bakat sebenernya yang dimiliki Kakak, jadi gak maksa ya Kak.
Semoga Kakak menjadi anak yang berguna nantinya, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Amiin.

Labels:

posted by Putri Hs at 8:48 AM 0 comments

Thursday, August 27, 2009

Marhaban ya Ramadhan 1430 H (2009)

Selamat datang ya Ramadhan.
Berhubung di tahun ini Alisha udah masuk TK, ada beberapa jadwal ramadhan yg disesuaikan untuk TK A.
Ada jadwal sholat 5 waktu, sholat sunnah, infaq, Shaum (puasa), iqra.
Alhamdulillah, Alisha semangat sekali menyambut bulan ramadhan ini, padahal Ibu belum sempet buatin hiasan Nadia Syamil seperti tahun lalu.

Beberapa kegiatan Alisha di bulan ini :
1. Berhubung udah semangat shaum, jadi Alisha minta dibangunkan setiap sahur. Alhamdulillah udah dapet 5 hari ikutan sahur, 1 hari alpa karena malemnya teriak2 jadi tidurnya kecapekan. 3 hari terakhir ini, Alisha bangun sendiri tanpa dibangunkan lho!
Sahurnya, nasi lengkap, plus air putih 1 gelas, susah masuknya nih utk air minumnya karena masih ngantuk.
2. Berhubung ada jadwal ramadhan dari sekolah juga, Alisha semangat juga untuk diajak sholat 5 waktu. Untuk shubuh, magrib dan isya, berjamaah, kalo dzuhur dan ashar, tinggal diingatkan mbak Siti aja udah mau. Baru ikutin gerakan aja sih, secara belum hapal betul utk surat Al fatihah nya.
3. Shaum sampai jam 9.30 pagi (waktu istirahat sekolah). Sempet kebobolan di hari pertama minta makan jam 7 pagi karena lapar katanya. Tapi sekarang sih udah lancar. Tinggal gimana nerusin sampe jam 12 nih, wong hari biasa aja kelaparan sebelum jam 10.

Oh iya, Alisha batuk udah sebulan gak sembuh2. Ayah ibu sedih banget, udah ke dokter dikasih obat dimuntahin. Kemarin ke dokter lagi dikasih obat yang lebih manis. Semoga lekas sembuh ya nak. Amin.

Ibu (I) : Alisha tadi sholat ashar gak?
Alisha (A) : Sholat dong bu.
I: Doain ayah ibu gak?
A : Iya dong, aku juga berdoa supaya aku lekas sembuh. Supaya aku gak duluan masuk Surga.
I : hiks hiks, (ibu terhisak) Sini ibu peluk nak...
Ya Allah, sembuhkanlah Alisha dari batuknya, biar bisa bermain bebas lagi. Amin (berdoa bersama)

Labels:

posted by Putri Hs at 1:48 PM 0 comments

Monday, July 13, 2009

Kindergarten Class

My first day at school.
This is a real school, not just playground or preschool with uniform.
Hari yang ditunggu2 Alisha tiba. Dengan semangat bangun pagi langsung sarapan dan pakai seragam baru. Horee.... sama ibu semua perlengkapan disiapkan dari malem, yaitu:
- sendal jepit
- perlengkapan sholat
- folder plastik
- tempat makan dan minum
- foto diri
- baju seragam

semua sudah dikasih nama biar gak ketuker. Yang baju ibu tisik pakai benang, kalo yang lain cukup pakai pewarna cair yang bentuknya kayak bolpen pasta.
Hari pertama ini diantar sama supir nenek (om Fran). Ibu dan Ayah sempet kebingunan untuk skedul antar jemput Alisha yang sekolahnya tiap hari, dan jarak agak lumayan. Setelah pertimbangan sana sini dan berdoa yang terbaik untuk Alisha, Allah kasih jalan dengan solusi ini.
Kenapa ibuAyah memutuskan Alisha untuk sekolah di TK Islam Dwimatra ini yang letaknya gak deket dari rumah? :
1. Berbasis Islami
2. Bilingual (English dan Arab), sebagai bekal Alisha utk SD yang bilingual juga.
3. Termasuk 10 besar TK terbaik secara pendidikan psikologi anak di Jakarta (Survey di majalah Parenting oleh badan riset Amrik)
4. Rekomendasi dari teman
5. Last but not least, Alisha enjoy banget waktu trial disini.
Dapet Sunflower class, ternyata Alisha sekelas ama Sabrina, temen waktu di Kembang dulu. Lumayan hari pertama udah ada yang dikenal, jadi ibu gak susah ninggalin Alisha.
Pulang sekolah sempet emosi, karena capek mungkin yang biasa sekolah cuman 2 jam kok ini sampe 4 jam, yah tapi begitu sampe mobil yang dingin, udah ceria lagi, apalagi ditemenin ibu ;)
Yang pinter ya nak, dan jadi anak sholehah. Amin..

Labels:

posted by Putri Hs at 8:42 PM 0 comments

Thursday, May 14, 2009

Extracurricular in year 3

Ayah ibu mencoba menggali bakat-bakat yang dimiliki Alisha dan juga mengasah kemampuan lain dengan mencoba beberapa kegiatan les yang diminati Alisha.
Pertama : Les Gafa Membaca. Kenapa membaca? Dari awal tempat les itu buka, Alisha udah nanya2 pingin les disitu. Pas dikasih tau kalo itu belajar membaca, semakin seneng deh Alisha, berarti dia akan bisa baca buku sendiri tanpa minta bantuan ayah, ibu ato mbak2nya.
Kedua : Les Renang CSC. Ayah ibu coba terapin salah satu sunnah rasul untuk life skill, yaitu berenang. Dari bayi 10 bulan Alisha udah dikenalkan dengan kolam renang, sehingga udah gak kaget sama air dingin, malah jadi tergila2 :D. Kenapa di Cilandak sport center? Karena, kantor ibu jadi member disitu, jadi ibu tinggal bayar pelatihnya. Nanya2 ama pelatih, katanya harus umur minimum 4 tahun, eh tapi setelah liat Alisha udah berani ngambang2 di kolam dalem n happy, langsung deh mau gurunya (Pak Herman)
Ketiga :Les Gambar. Setelah bisa baca sendiri, walaupun menulis belum lancar. Ayah Ibu memutuskan utk berhenti les baca, karena memang tujuannya bukan untuk memaksa Alisha lebih dulu dari yang laen, hanya sekedar membuat Alisha senang membaca sendiri. Jadi kita ganti dengan Les menggambar dengan Bu Poppy di lokasi yang sama. Ayah pingin banget liat anaknya bisa gambar (gitu kata Ayah) sekalian melatih otak kiri, secara turun temurun kita kuat di kanan. Seneng banget Alisha punya pinsil warna bagus2 apalagi cat airnya. Hari pertama langsung gambar bunga, terus gambar rumah (rumah alisha yang bermenara), mobil (mobil Alisha berpenumpang banyak). Kalo denger cerita gurunya, Alisha selalu ingin menggambar kepunyaannya. Kalo rumah ya yang bermenara kyk rumahnya. Kalo mobil ya yang model APV. Hehehe

Berikutnya : pingin les piano, krn piano di rumah sering diubek2 Alisha, les iqro, les nari/balet. Wah...banyak yah... :)

Labels:

posted by Putri Hs at 8:57 PM 0 comments

Tuesday, March 10, 2009

She can 'read' now

Sudah hampir setahun sepertinya Alisha ikutan les GAFA. Walaupun awalnya ikutan les itu hanya untuk mengisi waktu luang dan emang keiginan ALisha sendiri.

Sekarang dah mulai keliatan deh hasilnya. Alisha udah mulai baca buku ceritanya sendiri. Kalau lagi di mobil ngebacain billboard di jalan-jalan.
Yang bikin bangga Nenek waktu Alisha baca billboard di buncit raya yang tulisannya www.detik.com yang dibaca: wewewe detik com (comnya beneran bahasa indonesia) hehehe
Berhubung sekarang banyak billboard partai politik, ya ikut kebaca juga tuh....
Ayah ibu lagi mo cari les pengganti nih buat kakak. Minggu depan mau coba les berenang deh di Citos.

Labels:

posted by Putri Hs at 4:17 AM 0 comments

Saturday, March 07, 2009

Pentas Ultah Kembang

Seperti tahun sebelumnya, di pesta ultah Kembang ini para murid ikut berpartisipasi.
Tadinya ibu bingung nih kelasnya Alisha diminta jadi apa nih. Setelah tanya Eyang, Alisha disuruh pakai kaos putih dan bawahan jeans.
Ditanya2 lagi ke Alisha, ternyata ada sedikir show peran dan nari untuk anak2 playgroup.
Lagunya Burung kakak tua dan Potong bebek angsa.
Di rumah Alisha latihan peran nenek2 gitu. Ini dia :
satu dua : nenek sudah tua
tiga empat : memakai tongkat
lima enam : berjalan-jalan
tujuh delapan : perlahan-lahan
sembilan sepuluh : nenek takut jatuh (trus Alisha pura2 jatuh)
Ternyata pas pentas, yang meranin kakek dan nenek itu dipilih orangnya dan kayaknya Alisha pingin tuh berada di posisi itu.
Tapi ngak papa, di rumah ALisha tetep jadi pemeran utama :D

Labels: ,

posted by Putri Hs at 9:21 PM 0 comments